About Faculty


Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PSSKM UI) diselenggarakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI). FKM UI secara resmi berdiri pada tanggal 1 Juli 1965 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 153 Tahun 1965. FKMUI merupakan fakultas ke tiga belas di lingkungan Universitas Indonesia. Berdirinya FKM UI pada tahun 1965 berlandaskan keinginan untuk mendidik dan menghasilkan tenaga-tenaga di bidang Kesehatan Masyarakat guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta mampu menangani masalah bidang Kesehatan Masyarakat di Indonesia.

Berdasarkan kesepakatan antara Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat dengan organisasi profesi bahwa tujuan berdirinya PSSKM UI adalah menghasilkan sarjana (S1) yang memiliki jati diri dan ciri kompetensi yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan masyarakat serta mampu mendukung program pembangunan kesehatan di Indonesia melalui kebijakan khususnya di bidang kesehatan masyarakat.

1.1 Visi Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat
Menjadi program studi unggul dalam menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang mampu berperan aktif dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat pada tingkat global, melalui proses pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat pada tahun 2015.

1.2 Misi Program Studi

Melaksanakan program pendidikan kesehatan masyarakat yang menekankan pada kemampuan memecahkan masalah kesehatan masyarakat dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam era globalisasi
Mengupayakan kegiatan penelitian yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu dan tekonologi di bidang kesehatan masyarakat
Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk memecahkan masalah kesehatan masyarakat di instansi pemerintah dan swasta dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi di bidang kesehatan masyarakat secara global.
Mendidik generasi yang unggul, kreatif, inovatif, memiliki wawasan global, memiliki kompetensi di bidang kesehatan masyarakat, dan memiliki kepedulian terhadap permasalahan kesehatan masyarakat.

1.3 Tujuan Program Studi

Menghasilkan lulusan bermutu tinggi dalam bidang kesehatan masyarakat yang dibutuhkan oleh masyarakat, industri, kebutuhan profesional dan kebutuhan scientific
Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan:
Identifikasi determinan sosial budaya
Kemampuan untuk melakukan kajian dan analisis di bidang kesehatan (Analysis and Assessment)
Kemampuan untuk merencanakan dan mengembangkan kebijakan (Policy development and program planning)
Kemampuan untuk melakukan komunikasi efektif (Communication)
Kemampuan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat (Community dimensions of practice)
Kemampuan untuk memahami dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat (Basic public health sciences)
Kemampuan untuk merencanakan dan mengelola sumber dana (Financial planning and management/Resource)
Kemampuan untuk memimpin dan berfikir sistem (Leadership and systems thinking/total system)
Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang memiliki kontribusi pada kemajuan ilmu kesehatan masyarakat
Mengupayakan relevansi kurikulum dan peningkatan mutu proses pembelajaran kesehatan masyarakat
Menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi perubahan global dengan menguasai keahlian di bidang kesehatan masyarakat yang berlandaskan kreativitas, inovasi, dan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat.

II. Gambaran Umum Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat
UI (Universitas Indonesia) berdiri sejak tahun 1849. Pada awal berdirinya UI hanya mempunyai satu cabang keilmuan yaitu Ilmu Kedokteran. UI terus mengalami perkembangan keilmuan. Hingga saat ini UI mempunyai sejumlah disiplin ilmu yang tercakup dalam tiga rumpun keilmuan yaitu:

Rumpun Ilmu Sains dan teknologi (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik dan Ilmu Komputer)
Rumpun Ilmu Sosial humaniora (Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Sosial Politik, Psikologi dan Ilmu Budaya)
Rumpun Ilmu Kesehatan (Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Ilmu Keperawatan, dan Kesehatan Masyarakat.
Ketiga rumpun keilmuan diatas dijabarkan kedalam keilmuan program studi yang berjumlah 13 fakultas dan satu program vokasi.

Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitasi Indonesia. Berikut ini kami informasikan mengenai spesifikasi Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat. Spesifikasi program studi merupakan ringkasan singkat tentang tampilan program studi dan kompetensi mahasiswa yang dicapai setelah mengikuti program studi. Informasi lebih rinci mengenai kompetensi, hasil belajar, metode pengajaran, materi perkuliahan, pembelajaran dan metode penilaian masing-masing mata kuliah dapat ditemukan dalam buku katalog, www.dialog.ui.ac.id, SIAK NG (Sistem Informasi Akademi New generation) dan dokumentasi program lainnya. Keakuratan informasi dalam dokumen ditinjau oleh oleh Badan Penjaminan Mutu Akademik dan Direktorat Pengembangan Akademik UI.