AKUNTANSI PERPAJAKAN



AKUNTANSI PERPAJAKAN

Akuntansi perpajakan adalah perhitungan akuntansi untuk menentukan besarnya pajak yang harus dibayarkan oleh sebuah perusahaan dalam perhitungan kuantitatif yang dituliskan dalam sebuah laporan keuangan berkala. Laporan akuntansi perpajakan merupakan salah satu bagian dari laporan finansial yang mencatat semua pembayaran dan pemotongan yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan.

Baik perusahaan besar maupun kecil memiliki kewajiban yang sama dalam melaporkan jumlah hutang pajak yang mesti dibayarkan secara riil dan detail. Meski begitu, banyak perusahaan yang menggunakan jasa konsultan yang belum tentu memiliki rincian data yang benar dan sangat rawan terjadi penyelewengan. Maka dari itu sebuah perusahaan harus memiliki staf keuangan yang memahami betul mengenai akuntansi perpajakan.

Klasifikasi Pajak  dan Fungsi Akuntansi Perpajakan

Setelah memahami mengenai pengertian akuntansi perpajakan, berikut adalah pembagian jenis pajak berdasarkan cara pemungutannya, antara lain:

  1. Pajak langsung, yaitu pajak yang dihitung berdasarkan jumlah penghasilan dan kekayaan dan pembayarannya diatur dalam undang-undang secara berkala atau berulang-ulang. Pembayaran pajak penghasilan dan kekayaan ini harus dibayarkan hanya oleh wajib pajak dan tidak bisa dialihkan atau dibebankan kepada orang lain.
  2. Pajak tidak langsung, yaitu pajak yang akan dikenakan ketika terjadinya sebuah transaksi. Pajak ini dapat dipindahkan atau dibebankan kepada orang lain, contoh sederhananya adalah ketika Anda membeli barang di toko, harga barang yang tertera pada tag price akan ditambah dengan jumlah pajak yang dibebankan.

Fungsi dari laporan keuangan yang memuat perhitungan akuntansi perpajakan bukan hanya untuk mengetahui berapa besar pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan. Akuntansi perpajakan memiliki beberapa fungsi lain sebagai berikut:

  1. Memberikan rekomendasi atau menyediakan data untuk keperluan strategi mengatur dan merencanakan perpajakan
  2. Memberikan analisan mengenai dugaan besar perpajakan di masa atau periode yang akan datang
  3. Menyiapkan laporan keuangan untuk komersial yang menyatakan laporan fiscal berkala misalnya untuk keperluan informasi investor dan publik
  4. Untuk mendokumentasikan perpajakan perusahaan dan mengarsipkannya sebagai bahan referensi dan melihat perkembangan finansial perusahaan.

Sifat Akuntansi Perpajakan

Untuk memahami lebih jauh mengenai akuntansi perpajakan, selain pengertian akuntansi perpajakan yang tidak kalah penting adalah mengenai sifat dari perpajakan itu sendiri. Banyak perusahaan atau individu yang tidak memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak karena tidak mengerti sifat-sifat dari perpajakan. Berikut adalah sifat dari perpajakan yang mesti diketahui:

  1. Pajak bersifat wajib atau dipaksakan, merupakan iuran yang dibayarkan masyarakat  kepada pemerintah dengan ketentuan tertentu. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab pembayaran pajak di Indonesia masih belum maksimal, salah satunya adalah masyarakat yang belum sadar pajak atau perusahaan yang menghindari pajak agar tidak mengurangi jumlah pendapatan perusahaan.
  2. Pajak yang dibayarkan kepada pemerintah akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembelanjaan pemerintah dalam membangun negara misalnya pembangunan infrastruktur, pemberian subsidi, memberikan bantuan sosial, dan lain sebagainya
  3. Kewajiban masyarakat yang memenuhi syarat untuk membayar pajak adalah membayar pajak sebelum jatuh tempo kepada pemerintah sesuai dengan perhitungan akuntansi perpajakan. Sedangkan hak dari wajib pajak atau pembayar pajak adalah mendapatkan pelayanan dari negara sebaik-baiknya.
  4. Fungsi pajak tidak hanya untuk mengatur aspek ekonomi pada suatu negara, tetapi juga termasuk aspek sosial dan budaya.

Untuk menentukan pajak yang mesti dibayarkan dibutuhkan perhitungan akuntansi perpajakan yang teliti dan dilakukan dengan riil, artinya tidak ada pemasukan atau penghasilan yang disembunyikan untuk mengurangi besar pajak yang harus dibayarkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *